Ablasio Retina


Pada usia yang mulai tua, tubuh akan mengalami banyak perubahan-perubahan dengan cepat, karena pada masa tua ini produksi hormon ber kurang sehingga pertumbuhannya sudah melemah dan kebutuhan tubuh akan hormonnya terus berlangsung. Perubahan yang biasa dirasakan di masa lansia ini adalah perubahan bentuk atau fisik, perubahan kebutuhan dan energi serta penurunan fungsi tubuh dan peran masing-masing organ pada tubuh yang dapat menyebabkan tumbuhnya penyakit pada diri anda.

Yuk cari tau apa itu ablasio retina ?
Ablasio retina adalah salah satu penyakit pada mata yang disebabkan oleh terlepasnya retina mata yaitu bagian belakang mata yang tipis dari saluran-saluran oksigen dan nutrisi yang mengandung pembuluh darah ke mata. Hal ini dapat mengatasi dampak yang serius terhadap mata yang tidak perlu di atasi dan sangat baik untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadi karena retina ini, memiliki peran penting dalam proses pengerjaan cahaya dari luar ke dalam mata.

Tanda-tanda dan Gejala

Tanda-tanda dan gejala yang bisa muncul ketika seseorang mengalami ablasio retina pada matanya, anatara lain sebagai berikut :

  • Pandangan kabur
  • Kantung mata yang membesar dengaan tiba-tiba
  • Terdapat area yang gelap pada sebagian mata
  • Penglihatan Buram seperti ada yang menghalangi atau menutupi
  • Penglihatan terasa melayang-layang (floaters) karena adanya lapisan mata lepas aatau adanya sel darah yang keruh
  • Adanya kedipan atau kilatan cahaya (photopsia) walau kedipannya lembut. Biasanya kedipan itu akan terlihat saat melihat ke samping pada waktu gelap dan remang-remang

Ketika Anda memecahkan masalah di atas, tentu saja sedang membicarakan masalah penyakit “ablasio retina” hal yang perlu di tangani dengan baik dan benar agar kondisi mata Anda tidak semakin parah, berkonsultasilah kepada Dokter. Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, maka sangat sulit untuk disembuhkan dan tidak bisa di sembuhkan hingga dapat menimbulkan kebutaan pada mata Anda sendiri.

Penyebab

Sebagian besar penyebab pada penyakit mata ini sering kali di kaitkan dengan ada robekan-robekan atau retak lubang di mata bagian retina, sehingga zat zair yang diperlukan retina mata keluar melalui robekan atau lubang dari mata yang rusak. Hal ini terjadi karena, anatara lain:

  • Usia atau Umur

Proses penuaan setiap orang banyak sekali yang berdampak pada kesehatan tubuh dan organ-organ pada tubuh termasuk pada kesehatan mata. Kebanyakan kasus ini terjadi di kalangan masyarakat yang berusia antara 50-an sampai 70-an. Namun, sekarang-sekarang ini tidak menutup kemungkinan masalah ini (ablasio retina) terjadi juga pada usia remaja atau dewasa bahkan pada anak-anak. Jika orang tersebut memiliki riwayat Gentetik penyakit ablasio retina dari orangtuanya di tambah dengan penyebab-penyebab lain yang dapat memicu adanya penyakit ablasio retina.

  • Riwayat Keluarga (Genetika)


Pada kasus ini, orangtua seorang anak memiliki riwayat penyakit ablasio retina. Maka, anak tersebut juga tak menutuk kemungkinan akan memiliki penyakit ablasio retina walaupun hanya beberapa persen. Tapi, kebanyakannya memiliki penyakit tersebut juga.

  • Penyakit Pemicu Ablasio Retina


Selain dari yang telah di sebutkan di atas, ablasio retina memiliki penyebab lain yaitu penyakit yang dapat memicu tumbuhnya penyakit ini. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat memicu tumbuhnya ablasio retina : Diabetes parah, Rabun jauh, Rabun Dekat, Dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *