Anemia

Anemia jangan di sepelekan lagi, karena dampak yang dapat memperburuk kesehatan tubuh bias terjadi akibat dari penyakit ini, ada berbagai penyebab terjadinya penyakit anemia dan beberapa diantaranya adalah pembedahan, wasir, persalinan kecelakaan yang bias terjadi karena beberapa factor tersebut memicu terjadinya pendarahan hebat. Nah sebaiknya jika terjadi kondisi seperti ini anda harus mengupayakan supaya tubuh anda memiliki status gizi dan kecukupan vitamin yang baik

Pada kondisi seperti ini (anemia), hemoglobin pada tubuh seseorang tidak memiliki volume yang cukup untuk dialirkan keluruh tubuh sebagai suplai nutirisi yang dibutuhkan oleh jaringan serta sel pada masing-masing organ. Anemia bukan lah penyakit darah rendah, akan tetapi seseorang dengan penyakit anemia memiliki kondisi darah merah yang tidak sehat . Banyak orang menganggap bahwa penyakit kurang darah dan darah rendah merupakan penyakit yang sama akan tetapi hal tersebut tidak demikian.

Penyakit anemia memang sebuah keluhan yang dialami oleh seseorang dengan kurangnya beberapa kandungan zat gizi mikro dalam tubuh, seperti vitamin b12, zat besi, asam folat, sampai yodium juga bisa menjadi salah satu penybab adanya penyakit ini pada seseorang.

Gejala Anemia

Gejala anemia mudah sekali untuk dideteksi atau dirasakan oleh penderitanya, namun tidak jarang orang tersebut mengetahui bahwa orang tersebut sedang mengalami anemia. Oleh karena itu, penting sekali untuk mempelajari gejala-gejala anemia yang dapat dialami oleh tubuh, sehingga apabila Anda terjangkit anemia Anda bisa segera mengatasinya atau istirahat. Berikut adalah gejala-gejala anemia yang umum terjadi:

1. Sangat Mudah Lelah

Mudah lelah merupakan salah satu gejala anemia yang paling mudah untuk dideteksi dan paling sering terjadi oleh penderita anemia. Lelah tidak hanya disebabkan oleh anemia namun dapat disebabkan oleh penyakit lain juga, seperti diabetes. Lelah, lesu, dan lunglai merupakan gejala anemia yang diakibatkan oleh kurangnya asupan oksigen dalam tubuh.

2. Wajah Pucat

Wajah yang pucat seringkali dijadikan tanda bahwa seseorang yang menderita anemia. Perhatikan juga kelopak mata Anda, kelopak mata yang normal adalah apabila bagian bawah mata Anda berwarna merah, namun apabila kelopak mata pucat berarti itu dapat dikatakan bahwa seseorang tersebut sedang menderita anemia.

3. Pusing Kepala

Pusing kepala sering dialami oleh penderita anemia. Pusing kepala tersebut dapat terjadi lebih dari sekali dalam sehari ketika sedang terkena anemia. Pusing kepala merupakan gejala anemia yang diakibatkan oleh kurangnya oksigen dan sel darah merah dalam tubuh.

4. Detak Jantung Tak Teratur

Kurangnya oksigen dalam tubuh manusia tidak hanya membuat tubuh mudah lelah dan pusing kepala saja. Gejala anemia yang diakibatkan oleh kurangnya oksigen dalam tubuh juga dapat membuat detak jantung tubuh seseorang tidak teratur.

5. Mual-Mual

Salah satu gejala anemia yang dapat dialami oleh seseorang adalah mual-mual. Mual tersebut biasanya dialami oleh orang tersebut di pagi hari, ketika bangun tidur.

Penyebab Anemia

Banyak yang mengatakan bahwa satu-satunya penyebab seseorang menderita anemia adalah karena kurangnya kadar sel darah merah. Padahal penyebab anemia bukan itu saja, banyak sekali orang yang tidak mengetahui penyebab-penyebab anemia. Apa saja penyebab anemia dapat terjadi pada tubuh seseorang?

1. Kurangnya Asupan Vitamin

Tubuh manusia membutuhkan vitamin B12, vitamin C dan asam folat untuk membentuk sel darah merah yang banyak dan sehat. Banyak sekali orang yang melakukan diet, mengurangi beberapa makanan dalam menu makanannya sehingga kandungan vitaminnya berkurang sehingga dapat mengalami anemia.

2. Kurangnya Zat Besi

Penyebab anemia yang satu ini merupakan salah satu penyebab anemia yang sering ditemukan pada orang pada umumnya. Zat besi merupakan zat yang membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa makanan yang dikonsumsi kurang kandungan zat besi, sehingga dengan mudah orang tersebut mengalami anemia.

3. Pendarahan

Pendarahan juga merupakan salah satu penyebab anemia. Pendarahan sering dialami oleh wanita, oleh karena itu jumlah wanita yang menderita anemia lebih banyak dibandingkan pria. Menstruasi dan melahirkan merupakan kejadian yang seringkali mengakibatkan tubuh wanita kehilangan banyak sekali darah pada tubuhnya. Kecelakaan yang mengakibatkan pada pendarahan hebat juga dapat memicu anemia.

4. Sumsum Tulang Belakang Bermasalah

Penyebab anemia yang satu ini merupakan sebuah kondisi dimana sumsum tulang belakang pada tubuh seseorang tidak bisa memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh. Sumsum tulang belakang yang bermasalah atau anemia aplastik dapat diakibatkan oleh radiasi, bahan kimia, infeksi virus, atau orang yang sedang dalam perawatan kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *